Kamis, 29 November 2012

HIKMAH SEDEKAH

Kewajiban membayar zakat termasuk dianjurkannya memberi sedekah merupakan solusi terindah yang ditawarkan oleh Islam untuk merealisasikan takaful dan menyejahterakan masyarakat Islam. Diantara hikmah yang bisa dipetik dari sedekah adalah :

1. Menjaga dan memelihara harta dari terbuang sia-sia, juga jatuh ketangan pendosa atau penjahat. Harta akan bermanfaat dan berguna, tidak kecurian, tidak kerampokan, dan tidak sia-sia kejalan yang tidak berguna.


"Peliharalah harta kamu dengan zakat, obatilah penyakitmu dengan sedekah, dan tolaklah bala dengan doa". (HR.Ath-Thabrani)



2. Membantu bagi yang fakir dan yang membutuhkan. Sedekah bisa membantu berupa pemenuhan kebutuhan sementara, memberi pekerjaan, atau membantu taraf hidup mereka dari keterpurukan. Masyarakat bertanggung jawab untuk menanggung anggota masyarakatnya yang membutuhkan.



3. Sebagai obat pelit dan kikir.

 Dalam Hikmatu Tasyrih wa Falsatuhu karangan Al-Jurjawi disebutkan:
"Sesungguhnya hikmah disyariatkannya hibah (memberikan sesuatu kepada orang lain) itu sangat besar sekali, karena dapat menghilangkan sifat dengki dan hasud, serta dapat menambah sifat kasih sayang dalam hati, menunjukkan kemuliaan akhlak, kesucian anggota badan, sifat yang luhur, keutamaan, serta kemuliaan yang sangat agung".



4. Sebagai ekspresi syukur terhadap nikmat yang Allah berikan.



5. Sebagai obat penyakit dan penolak bala. Sedekah akan menjaga pemberinya dari penyakit, karena harta yang dia makan halal dan bersih dari hak orang lain, terhindar dari bala karena yang diberi mendoakannya.



6. Kaya dengan sedekah. Seseorang yang banyak bersedekah Allah janjikan balasan yang berlipat ganda sampai 700 kali lipat atau lebih. Lihat QS.Al-Baqarah[2]:261.

"Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia-Nya lagi maha mengetahui".



7. Memperpanjang umur dan terhindar dari su'ul khatimah.

 "Sesungguhnya sedekah seorang muslim itu akan memperpanjang, mencegah dari mati mengenaskan, dan dengan sedekah Allah akan menghilangkan sifat kesombongan dan keangkuhan".(HR.Ath-Thabrani)


Di kutip dari bukunya "Reza Pahlevi Dalimunthe Lc, M.Ag"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar