Rabu, 08 Februari 2012

SEDEKAH BISA MENEPIS BENCANA

Derma, atau sedekah merupakan salah satu pintu mulia menuju kelapangan dada dan kesucian nurani. Dan bagi orang yang berbuat kebajikan, niscaya Allah akan membuat hatinya lapang, ceria, nuraninya bercahaya dan selalu dalam keadaan tentram nan sejahtera.

Maka, rajinlah bersedekah, meski hanya sedikit. Jangan menganggap remeh sesuatu yang engkau dermakan walaupun hanya sebutir kurma, sesuap nasi, seteguk air atau satu tetes susu. Sedekahkan apapun kepada orang yang membutuhkan, berilah orang ynag kelaparan, dan kunjungilah orang yang sakit. Sadar atau tidak, semua itu sebenarnya bisa meringankan kegundahan, kegelisahan, dan kesedihan. Derma adalah obat yang tidak ada kecuali di "apotik" Islam.

Seseorang pernah bertanya kepada Abdullah ibn al-Mubarak,"wahai Abu Abdurrahman, luka dilututku tak pernah berhenti mengeluarkan nanah sejak tujuh tahun yang lalu. Aku sudah bertanya ke sejumlah dokter, dan sudah aku obati dengan berbagai macam obat. Tapi tak kunjung membaik." Kata Ibnu al-Mubarak kepadanya. "Pergilah ketempat orang-orang yang mebutuhkan air. Galilah sumur untuk mereka, semoga akan muncul dari sumur itu mata air yang akan menghentikan darahmu itu". Lantas ia pun bergegas menjalankan nasihat itu, dan berhasil.

Sungguh luar biasa, wahai saudaraku. Rasulullah pernah bersabda,"obatilah orang-orang yang sakit itu dengan berderma". Beliau bersabda,"Sesungguhnya derma dapat memadamkan kemarahan Tuhan dan menolak kematian yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar