Jumat, 30 Desember 2011

CELAAN ALLAH KEPADA HAMBA YANG MELALAIKAN KEWAJIBANNYA

Dalam banyak ayat Al-Qur'an, Allah memberi wasiat kepada para hamba-Nya dan meminta agar mereka mau melaksanakannya. Dia tidak mewajibkannya atas mereka. Dia hanya berwasiat kepada mereka sebagai wujud rahmat-Nya kepada umat Muhammad. Allah telah mewasiatkan kepada mereka untuk saling berbelas kasih antar sesama mereka. Dia telah memberikan contoh dalam al-qur'an, yaitu kasih sayang Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Allah berfirman,"Muhammad itu utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan ia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang terhadap mereka. Kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud". QS.Al-Fath:29.

Kasih sayang antar sesama inilah yang diminta Allah dari hamba-hamba-Nya yang beriman. Dari kasih sayang ini, kita memohon kepada Allah untuk mewujudkan sebuah masyarakat muslim yang terbangun diatas rasa cinta kasih, sedekah, memerintahkan pada yang baik dan mendamaikan antar sesama. Allah berfirman,"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh manusia memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar". QS.An-Nisa:114.

Barangsiapa yang tidak melaksanakan perintah Allah dan bermalasa-malasan dalam melakukannya, sungguh ia telah menyia-nyiakan sebuah pahala yang besar. Itu kerugian pertama. Belum lagi, ia juga harus dihukum karena kelalaian tersebut, meski kelak Allah akan mengampuninya pada hari kiamat.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Sungguh, kelak pada hari kiamat Allah akan berfirman,'wahai anak Adam, dulu aku sakit, kenapa kalian tidak menjenguk-Ku'? Mereka menjawab,'Wahai Rabb, bagaimana aku menjengukmu sedang Engkau ialah Rabb semesta alam?' Allah berfirman,'tidakkah kalian mengetahui bahwa hamba-Ku, si fulan sakit, tapi kalian tidak menjenguknya? Tidakkah kalian mengetahui sekiranya kalian menjenguknya, pasti kalian akan mendapati-Ku berada disana'?

"Wahai anak Adam, aku meminta makan kepada kalian, tapi kalian tidak memberi-Ku makan'? Mereka menjawab,'Wahai Rabb, bagaimana kami memberi-Mu makan, sementara Engkau ialah Rabb semesta alam'. Allah berfirman,'Tidakkah kalian mengetahui bahwa hamba-Ku, si fulan meminta makan kepada kalian, tapi kalian tidak memberinya makan? Tidakkah kalian mengetahui sekiranya kalian memberinya makan, niscaya kalian akan mendapatinya berada disisi-Ku'.

"Wahai anak Adam, Aku meminta minum kepada kalian, tapi kalian tidak memberi-Ku minum'? Mereka berkata,' duhai Rabb, bagaimana kami memberi-Mu minum sedang Engkau ialah Rabb semesta alam'. Allah berfirman,'tidakkah kalian mengetahui bahwa hamba-Ku, si fulan meminta kepada kalian tapi kalian tidak memberinya minum? Tidakkah kalian mengetahui, sekiranya kalian memberinya minum, pasti kalian akan mendapatinya berada disisi-Ku".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar