Minggu, 18 Desember 2011

ORANG YANG MEMINTA-MINTA TAPI BERKECUKUPAN REZEKINYA

Orang yang telah diberi Allah kekayaan sehingga tak perlu lagi meminta orang lain. Selain itu, Allah juga telah memberinya rezeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya, namun ia masih mengemis dan meminta dikasihani manusia lainnya. Ini berarti ia mengingkari anugerah dan nikmat yang telah Allah berikan kepadanya sehingga bisa mencegahnya untuk tidak mengemis kepada orang. Akan tetapi, ia tidak merasa malu mengemis kepada orang. Oleh sebab itu, kelak Allah akan membangkitkan mereka dalam kondisi wajah mereka yang penuh luka cakaran mereka sendiri. Sebagai tanda pembeda baginya sehingga menambah kehinaan dan kerendahannya.

Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang meminta-minta sedang ia memiliki sesuatu yang bisa mencukupinya, maka permintaannya akan datang pada hari kiamat dengan luka cakaran dan gigitan diwajahnya. Seseorang bertanya,'berapakah batas kecukupan tersebut? Beliau menjawab,'lima puluh dirham atau emas yang senilai dengan itu". HR. Abu Daud.

Betapa banyak para pengemis seperti ini pada zaman kita sekarang. Betapa banyak orang yang meminta-minta kepada manusia, lalu setelah diselidiki ternyata mereka orang-orang kaya dan memiliki harta yang melimpah. Tentu Allah lebih mengetahui keadaan mereka. Kelak pada hari kiamat, mereka akan dihisab oleh Allah.

Kutipan dari buku Pengadilan Akhirat.
Pengarang Syaikh Mahir Ahmad ASh-Shufi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar