Senin, 12 Desember 2011

TERIMA DAN GUNAKAN NIKMAT ITU DENGAN SEBAIK-BAIKNYA

Pergunakanlah nikmat Allah dengan bersyukur dan patuh kepada-Nya. Nikmatilah air pemberian-Nya untuk minum, berwudhu dan mandi. Berselimutlah dengan matahari untuk mendapatkan kehangatan dan cahayanya. Mandilah dengan sinar rembulan untuk mendapatkan kebaikan dan kenikmatannya. Petiklah buah-buahan dari pepohonan, rendamlah dirimu disungai-sungai yang mengalir jernih airnya, tataplah samudera yang luas, berkelanalah ketempat-tempat yang belum pernah terjamah jejak kaki manusia dan bersyukurlah kepada sang maha mulia lagi maha pengampun, sang maha penguasa yang maha perkasa.

Manfaatkanlah semua karunia yang penuh berkah dan telah dianugerahkan Allah kepadamu. Janganlah engkau mengingkari semua nikmat tersebut sebagaimana ditegaskan Allah dalam firman-Nya, "Mereka mengetahui anugerah Allah, namun mereka kemudian mengingkarinya." (QS.An-Nahl : 83)


Jangan sekali - kali engkau mengingkari nikmat-nikmat-Nya. Sebelum melihat duri sebuah, perhatikan dahulu keindahannya. Sebelum mengeluhkan teriknya sinar matahari, nikmatilah keindahan cahayanya. Sebelum mengumpat gelapnya malam, ingatlah keteduhan dan ketenangannya.


Mengapa engkau harus memandang sesuatu dari sisi negatifnya saja? Mengapa pula engkau harus mengubah nikmat itu dari kenyataannya? "Apakah kamu tidak melihat orang-orang yang mengubah nikmat Allah dengan kekufuran." (QS.Ibrahim : 28)


Ambillah seluruh nikmat-nikmat itu, terimalah dengan senang hati dan pujilah Allah atas semuanya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar