Rabu, 21 Desember 2011

KEUTAMAAN SHALAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD

Membaca shalawat keatas Nabi Muhammad ialah salah satu perintah Allah kepada seluruh kaum mukminin. Allah telah mengawali bacaan shalawat tersebut dari diri-Nya yang maha besar lagi maha tinggi. Kemudian, yanng mengucapkan shalawat selanjutnya ialah para malaikat-Nya. Lalu, setelahnya Allah memerintahkan kaum mukminin untuk membacakan shalawat kepadanya. Semoga sebaik-baik shalawat dan salam tercurah kepada beliau. Allah berfirman,"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".QS.Al-Ahzab:56.

Sunnah Nabi telah memperinci tata cara bershalawat kepada beliau, menerangkan maksud serta artinya dan pahalanya yang sangat besr, juga kedudukannya yang paling utama, paling mulia dan agung. Yaitu, syafaat Rasulullah pada hari kiamat bagi orang-orang yang bershalawat kepada beliau.

Abu Darda meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang membaca shalawat keatasku 10x pada pagi hari dan sore hari, ia akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari kiamat".HR.Ath-Thabrani.

Ibnu Mas'ud meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Sungguh, orang yang paling dekat denganku dan paling berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat kelak ialah orang yang paling banyak membaca shalawat keatasku".HR.At-Tirmidzi.

Anas meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang bershalawat keatasku 1x, Allah akan bershalawat kepadanya 10x, akan menghapus darinya 10 kesalahan, serta akan mengangkatnya sepuluh derajat". HR.Al-Hakim & An-Nasa'i.

Kutipan dari buku Pengadilan Akhirat.
Pengarang Syaikh mahir ahmad ash-shufi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar