Kamis, 29 Desember 2011

ORANG -ORANG YANG BERUBAN DALAM ISLAM

Uban akan menjadi cahaya bagi pemiliknya pada hari kiamat, jika pemiliknya seorang muslim yang benar, saleh dan meninggal dalam ketaatan kepada Allah. Sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadist shahih.

At-tirmidzi dan An-Nasa'i meriwayatkan dari ka'ab bin Murrah bahwa Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang beruban didalam islam, uban itu akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat".

Al-baihaqi meriwayatkan dalam syu'abul man dengan sanad jayyid, dari Abdullah bin amru yang berkata bahwa Rasulullah bersabda,"uban ialah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seorang mukmin pun yang beruban didalam Islam, kecuali dari setiap uban itu ia akan mendapatkan satu kebaikan dan akan ditinggikan satu derajat untuknya".

Hadist ini dikuatkan hadist riwayat Abu Hurairah yang sanadnya marfu' sampai kepada Rasulullah beliau bersabda,"Janganlah kamu mencabut uban, sebab ia akan menajdi cahaya pada hari kiamat. Karena, barangsiapa yang beruban didalam Islam, dengannya akan dituliskan baginya satu kebaikan, akan dihapuskan dari satu kesalahan, dan akan ditinggikan baginya satu derajat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar