Rabu, 21 Desember 2011

KEUTAMAAN DZIKIR KEPADA ALLAH

Arti zikir secara umum ialah engkau hadirkan keagungan Allah didalam hatimu, engkau jadikan lisanmu basah dengannya, serta engkau masukkan kedala hati dan akalmu sehingga kamu bisa menundukkannya kepada kekuasaan Allah, kebesaran, kekuatan dan keesaan-Nya.

Adapun zikir dari hakikat bentuknya ialah ibadah yang berupa doa, istighfar, penyerahan diri, mengakui nikmat Allah dan semua pemberian-Nya, serta mengakui ke maha kuasaan Allah. Inilah jalan menuju pahala dan kebaikan, serta kekuatan yang cukup menjamin untuk dapat menggerakkan kekuatan iman. Allah berfirman,"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah dengan menyebut nama Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya yang terang. Dan Dia adalah maha penyayang kepada orang-orang yang beriman". QS.Al-Ahzab:41-43.

Jabir meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Sebaik-baik zikir ialah La ilaha illallah". HR.Ibnu majah.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"tidaklah satu kaum yang duduk mengingat Allah, kecuali para malaikat akan mengerumuni mereka, rahmat akan dicurahkan kepada mereka, dan Allah akan menyebut mereka dikalangan makhluk yang ada disisi-Nya". HR.Muslim.

Abu Musa meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,"Bergembiralah kalian dan berikan kabar gembira kepada orang-orang yang datang setelah kalian, bahwa barangsiapa yang bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak diibadahi selain Allah dengan jujur dari dalam hatinya, ia pasti akan masuk surga". HR.Ahmad.

Kutipan dari buku Pengadilan Akhirat.
Pengarang Syaikh Mahir Ahmad ASh-Shufi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar