Kamis, 29 Desember 2011

ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT DENGAN SEBENAR-BENARNYA

Sungguh, orang yang telah bertaubat dari perbuatan dosa seperti orang yang tak memiliki dosa. Karenanya, siapa yang bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benar taubat, berjanji kepada Allah kalau ia tak akan mengulangi lagi maksiat serta dosa dan perbuatannya yang keji, betul-betul berniat untuk bertaubat-Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam jiwa makhluk-Nya serta siapa yang bertaubat dengan sebenar-benar taubat-kelak pada hari perjumpaan dengan-Nya dan saat seluruh amal dinampakkan, taubat nasuha-Nya itu akan tampak disisi Allah. 

Jika seorang mukmin benar-benar bertaubat, niscaya ia akan melihat balasan dari Allah, berupa rahmat dan belas kasih-Nya yang meliputi sebagian besar dari manusia yang tengah menanti dipadang mahsyar. Anda akan mendapati bahwa Allah telah mengganti seluruh kesalahannya menjadi kebaikan. Padahal, saat orang yang telah bertaubat tersebut membaca catatan amalnya sebagaimana firman Allah dalam ayat"Bacalah kitabmu",yang pertama kali ia rasakan ialah rasa terkejut dan takut. Sebab ia mendapati semua dosanya masih ada dalam catatannya. Tapi, itu semua agar ia melihat dan ingat dosa-dosa dimasa lalunya. Setelah itu, Allah mengganti semua kesalahan itu dengan kebaikan. Sebagaimana janji Allah dalam firman-Nya:"Kecuali orang-orang yang betaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang".QS.Al-Furqan:70.

Allah berfirman,"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu kedalam jannah yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersamanya; sedang cahaya mereka memancar dihadapan dan disebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan,'Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu". QS.At-Tahrim:8.

Allah juga telah menjanjikan kepada orang-orang yang bertaubat dan yang memohon ampun atas dosa-dosa mereka saat sedang bertaubat, bahwa Allah akan memberikan ampunan-Nya dan surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Allah berfirman,"Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal". QS.Ali-Imran:135-136.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar