Jumat, 16 Desember 2011

ORANG-ORANG YANG SOMBONG

Sombong termasuk dosa yang paling besar. Ia merupakan kejahatan besar yang merongrong kekuasaan Allah. Allah sangat murka terhadap orang-orang yang sombong. Dia akan membangkitkan dan mengumpulkan mereka pada hari kiamat dalam kondisi yang sangat terhina dan rendah.

Muslim dan Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah dengan lafal,"Orang yang paling Allah benci pada hari kiamat dan yang paling buruk serta paling dimurkai Allah ialah orang yang menamai 
dirinya sang raja diraja, tidak ada raja selain Allah".

Orang-orang yang sombong bermacam-macam pada hari kiamat. Orang yang sombong tidak mesti harus seorang tuan, orang kaya atau juragan. Bahkan, diantara mereka ada yang fakir, tapi ia menyombongkan kefakirannya.

Termasuk golongan orang-orang yang sombong ialah mereka yang menjulurkan celananya sampai dibawah mata kaki karena sombong dan sesat. Abu dzar meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda,"ada 3 golongan yang tidak akan Allah ajak bicara kelak pada hari kiamat dan tidak akan Allah sucikan mereka serta tidak akan Allah lihat , dan bagi mereka azab yang pedih: orang yang menjulurkan celananya sampai dibawah mata kaki, orang yang memberi tapi suka mengungkit-ungkit pemberiannya, orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu". Hr. Muslim.

Maka, barangsiapa yang menyombongkan diri, berarti ia telah menyebabkan Allah murka dan marah besar kepadanya. Sebab, barangsiapa yang terkena kemarahan-Nya berarti sungguh binasalah ia.

Kutipan dari buku Pengadilan Akhirat.
Pengarang Syaikh Mahir Ahmad ASh-Shufi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar