Kamis, 15 Desember 2011

SANGAT PENTINGNYA MASALAH DARAH

Diantara perkara paling besar disisi Allah ialah masalah pertumpahan darah antar sesama manusia diluar jalan yang telah Allah syariatkan. Disebutkan dalam hadist shahih yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud dari Nabi, bahwa beliau bersabda,"Akan datang seseorang sambil memegang tangan orang lain lalu berkata,'wahai Rabb, orang ini telah membunuhku'. Allah pun bertanya,'kenapa kamu membunuhnya?' Ia menjawab,'aku membununhya agar 'izzah (kemuliaan) hanya menjadi milik-Mu'. Allah berkata,'ya, kemuliaan memang hanya milik-Ku'.

Kemudian ada orang lain lagi yang datang sambil menyeret tangan orang lain seraya berkata, 'Wahai Rabb, orang ini telah membunuhku'. Allah pun bertanya,'kenapa kau membunuhnya?' Ia menjawab,'agar izzah (kemuliaan) menjadi milik si fulan. Allah berkata,'Sungguh, kemuliaan bukanlah milik si fulan'. Maka dosa orang yang dibunuh akan diberikan kepada orang yang membunuhnya'.

Dalam sunnah At-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah disebutkan bahwa Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda,
"Pada hari kiamat kelak, orang yang dibunuh akan datang bersama orang yang telah membunuhnya. Ubun-ubun dan kepala pembunuhnya berada ditangannya. Sementara itu, urat lehernya masih mengucurkan darah. Lantas ia berkata,'Ya Rabb, tanyakanlah kepadanya kenapa ia membunuhku'. Ia pun sampai mendekatkannya ke Arsy'.

Begitu pentingnya urusan darah, hingga ia menjadi perkara yang pertama kali akan diputuskan diantara para hamba.

Kutipan dari buku Pengadilan Akhirat.
Pengarang Syaikh Mahir Ahmad Ash-Shufi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar