Selasa, 22 November 2011

APA YANG DIBAWA OLEH ORANG YANG SUDAH MENINGGAL?

Anas ibn Malik r.a mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Apabila seseorang meninggal dunia maka ada 3 hal yang mengikuti mayat tersebut sampai dia dikuburkan. Ketiga hal tersebut adalah keluarga,harta dan amal perbuatannya. Keluarga serta hartanya akan kembali pulang sedangkan yang menemaninya hanya amal perbuatannya".

Abu Hurairah r.a berkata amal perbuatan yang mengikuti seorang mukmin yang  meninggal dunia adalah ilmu yang diajarkannya,anak shalih yang ditinggalkannya,al-qur'an yang diwariskannya,mesjid yang dibangunnya,rumah yang disediakan untuk orang yang sedang melakukan perjalanan jauh,pengairan yang dibuatnya,serta sedekah dari harta bendanya sendiri ketika dia dalam keadaan sehat".


Anas ibn Malik r.a berkata,Rasulullah SAW bersabda,"sedekah untuk orang yang meninggal dunia akan dibawa oleh malaikat dengan menggunakan piring dari cahaya. Lalu malaikat berdiri pada sisi kuburan sambil berkata,"Wahai orang asing penghuni kubur terimalah hadiah yang diberikan keluargamu". Hadiah itu dimasukkan kedalam kuburan orang tersebut sehingga kuburannya menjadi lapang dan terang benderang. Lalu ia berkata,"Semoga Allah membalas segala kebaikan keluargaku dengan sebaik-baik balasan". Sedangkan orang yang tidak mendapat doa dari anaknya dan dari orang lain akan menderita dari kuburnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar