Selasa, 22 November 2011

SETAN DATANG KETIKA AKAN MATI

Nabi SAW bersabda,"Seorang hamba akan didatangi oleh dua setan ketika akan meninggal dunia. Setan pertama berada disamping kanan nya dan setan kedua berada disamping kirinya. Setan disamping kanan akan menyerupai bentuk atau sifat ayah orang tersebut. Setan itu akan berkata padanya,"wahai anakku aku sangat sayang dan kasihan kepadamu maka kamu sebaiknya mati dalam keadaan memeluk agama Nasrani,karena itu adalah agama yang paling baik".

Adapun setan yang berada disamping kirinya menyerupai bentuk dan sifat ibunya. Setan itu berkata kepadanya,"aku telah mengandungmu diperutku,kamu telah aku beri minum dengan air susuku dan pahaku telah aku jadikan tempat berpijakmu,maka kamu sebaiknya mati dalam keadaan memeluk agama Yahudi,karena itu adalah agama yang paling baik".

Abu al-Hasan menyebutkan : Saat seseorang akan meniinggal dunia,iblis datang kepada orang tersebut dengan berpura-pura menolonngnya. Iblis akan mendatanginya dalam bentuk orang-orang yang mendahuluinya,yang sangat dicintainya dan sering meminta petunjuk kepada orang-orang tersebut seperti saudara,teman atau sahabat-sahabatnya.

Aku berkata (kepada hamba yang akan meninggal itu),"Engkau akan meninggal dunia wahai fulan,sedangkan kami lebih dulu meninggal dibandingkan kamu,maka kamu sebaiknya mati dalam keadaan memeluk agama Yahudi,karena itu merupakan agama yang diterima Allah".

Bila hal tersebut tak mempan maka setan akan mendatanginya dalam bentuk yang lain sambil berkata,"Hendaklah kamu mati dalam keadaan memeluk agama Nasrani,karena itu merupakan agama Nabi Isa yang telah menggantikan agama yang dibawa Nabi Musa. Didalamnya telah mencakup semua aqidah yang ada dalam semua agama". Saat itulah aqidah seseorang akan menyimpang. Allah SWT berfirman (yang artinya),"(mereka berdoa),"Ya tuhan kami janganlah engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami,dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau,karena sesungguhnya engkaulah maha pemberi (karunia)". (Ali-Imran:8)

Maksud ayat tersebut: Janganlah engkau jadikan hati kami (ketika akan meninggal) condong kepada kesesatan setelah engkau memberi petunjuk. Apabila Allah ingin memberi seorang hamba hidayah atau ketetapan hati maka dia akan menurunkan rahmat kepada hamba tersebut.

Ada orang mengatakan bahwa rahmat yang diturunkan Allah berupa malaikat Jibril yang datang untuk mengusir setan dari hamba tersebut,sehingga hamba itu menjadi gembira dan tersenyum.
Banyak yang berpendapat bahwa yang menyebabkan hamba itu tersenyum karena dia gembira dengan kabar yang diberitakan oleh malaikat Jibril. Jibril berkata kepadanya,"Apakah kamu mengenalku"? Aku adalah jibril dan mereka adalah setan yang merupakan musuh-musuhmu. Oleh sebab itu,hendaklah kamu mati dalam keadaan memeluk agama yang lurus (Islam)".

Sesuatu yang paling disukai oleh seorang hamba yang akan meninggal dunia adalah kedatangan malaikat jibril yang membawa kabar gembira untuknya sebagaimana yang terdapat dalam firman Allah yang artinya,"Dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau. Karena sesungguhnya engkaulah maha pemberi (karunia)". (Ali-Imran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar