Selasa, 22 November 2011

PERAYAAN HARI RAYA SUATU PEMBOROSAN

Setan senantiasa mengintai dibelakangmu untuk selalu menghancurkan kehidupanmu,menjauhkan keharmonisan bersama suamimu dan merubah kebahagiaan hidup anak2mu menjadi kesialan dan kesengsaraan.

Islam menjadikan rumah sebagai kerajaan bagi wanita yang ia kelola. Dibantu dengan suamivyang berusaha mencari nafkah dan sebagai penopang keluarga,penanggung jawab laju perekonomiannya dan penentu kebahagiaannya.

Istri yang bahagia harus bisa mengatur keadaan keluarga disesuaikan dengan kemampuan finansialnya dan hendaklah ia tidak silau dengan kemegahan fatamorgana yang menipu yang dihembuskan setan.

Allah berfirman yang artinya : "Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan. Dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya".(QS.Al-Isra : 26-27)

Suami yang baik selalu mencari harta yang halal dengan penuh semangat,dan ia ingin istrinya membelanjakan harta tersebut sesuai dengan keridhaan Allah.
Maka dari itu,bersikap boros dan foya-foya akan mendatangkan perselisihan suami istri dan menjadi pintu masuk setan untuk memporakporandakan keharmonisan seperti perceraian dan menelantarkan anak-anak. Ini adalah strategi setan dalam
menghancurkan dan meruntuhkan keharmonisan rumah tangga.

Allah berfirman yang artinya : "Hai anak adam,pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) mesjid,makan dan minumlah,dan janganlah berlebih-lebihan.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan".(QS.Al-A'raf:31)

Ketika muqauqis seorang penguasa Mesir memberikan hadiah kepada Rasulullah berupa Mariyah al-Qibthiyah dan saudarinya,madu,keledai dan seorang tabib (dokter),Rasulullah bertanya kepada seorang tabib akan keahliannya,lalu tabib itu berkata,"Tuanku mengutusku untuk engkau sebagai orang yang dapat memberikan obat gangguan pencernaan makanan". Kemudian Rasulullah bersabda kepadanya,"Kami adalah sebuah kaum yang tidak memulai makan sampai kami lapar,jika kami makan kami jadikan sepertiga untuk makanan,sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

Kemudian tabib itu kembali pulang menghadap muqauqis,raja Mesir dan berkata kepadanya,"Apakah baginda mengutus seorang tabib sebelumku kepada orang bijaksana itu? Muqauqis menjawab,"Sebenarnya apa yang terjadi? Tabib itu menjawab,
"Aku mendapati pada sosok Nabi mempunyai cara hidup sehat yang terkumpul pada 3 kata,yaitu firman Allah,"Makan serta minumlah,dan janganlah kamu berlebih-lebihan." (QS.Al-A'raf:31)


PERAN SETAN DALAM PERINGATAN BID'AH YANG MUBADZIR

Terkadang engkau membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang menipu atau taqlid buta lebih banyak porsinya daripada membelanjakan uang untuk membeli makan,pakaian,obat-obatan dan biaya pendidikan. Hal itu sangat merugikan keuangan keluarga. Adapun contoh dari hal itu sebagai berikut :

A). Kosmetik dan alat-alat kecantikan.

Sebagai bahan perenungan,silahkan kalian menulis di secarik kertas tentang rutinitas harian yang kalian lewati untuk memenuhi alat-alat kosmetik,kemudian kumpulkan di akhir bulan. Dengan cara ini,kalian akan tahu berapa besar uang yang telah kalian keluarkan untuk memenuhi kebutuhan itu,dan agar kalian tahu berapa lama waktu yang terbuang sia-sia untuk hal tersebut.

Berapa kali Allah murka kepada kalian lantaran keluar rumah dengan penampilan yang dibuat-buat (berhias berlebihan),karena seorang istri boleh berhias hanya untuk suaminya agar semakin memikat hati dan mencintai dirinya. Sesungguhnya
Allah menganugerahkan akal kepada kalian agar dapat berfikir dalam mengarungi kehidupan,dan mengatur harta suami,kemudian membelanjakan untuk membuat keluarga yang bahagia,teguh memegang prinsip agama dan mandiri. Jadilah kalian seorang muslimah yang berpegang teguh terhadap ajaran Allah yang dengannya kalian
akan terbebas dari godaan dan bisikan setan.


B). MENGHIDANGKAN MAKANAN YANG BERLEBIH PADA BULAN RAMADHAN

Allah mewajibkan shiyam pada bulan Ramadhan kepada kaum muslimin dan menjadikannya sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an. Orang yang berpuasa hanya menikmati dua kali makan dalam sehari yaitu ketika sahur dan buka,dimana kebiasaan diluar bulan ramadhan sebanyak tiga kali. Maka dari itu tidak ada alasan bagi seorangpun,terkhusus para wanita untuk menimbang-nimbang antara bulan ramadhan dan bulan selainnya dengan pembebanan diluar kemampuan demi memanjakan perut,yang sebenarnya hikmah bulan ramadhan adalah obat dari suatu yang haram,seperti memperbanyak menu jenis makanan dan hidangan makanan yang berlebihan dari jenis daging-dagingan,sayur-sayuran dan manisan.

Setan akan menggoda wanita yang berbuat boros dan berlebih-lebihan untuk membujuk suaminya agar menuruti kemauan itu sampai berhutang kepada orang lain sehingga ia membenci bulan ramadhan.

Tahukah engkau wahai saudariku tipu daya setan seperti apakah yang menjadikan mereka membenci bulan ramadhan? Ketahuilah hal itu adalah karena engkau sebagai perancang untuk berbuat bid'ah,berbuat berlebihan dan boros yang sebenarnya tu
gas anda adalah bagaimana menjadikan bulan ramadhan sebagai bulan untuk beribadah,bersikap zuhud dan bulan untuk melatih diri. Rasulullah bersabda : "Berpuasalah kalian niscaya akan sehat". Dan sabdanya,"Sesungguhnya setan akan merasuk masuk kedalam tubuh anak adam melalui tempat pengaliran darah. Maka persem
pitkan tempat aliran darah itu dengan berlapar". Sabdanya,"Tidak ada bejana yang diisi anak adam yang lebih buruk daripada perutnya".

Imam syafi'i berkata,"Jika lambung penuh terisi makanan,niscaya fitrah akan lelap tertidur,dan barangsiapa yang tujuan hidupnya hanya untuk memenuhi keinginan perut,maka nilainya sebanding dengan sesuatu yang keluar darinya."


C). BID'AH PERAYAAN HARI RAYA

   1. Beragam jenis kue dan hidangan daging-dagingan.

Celaka wanita yang berusaha untuk mengistimewakan jamuan makanan dan kue pada bulan ramadhan,dan yang menuruti keinginan perut dengan membuat aneka ragam jenis masakan. Sesungguhnya bid'ah adalah bagian dari tipu muslihat setan yang dihembuskan kepada wanita. Banyak kita baca di surat kabar tentang konflik sua
mi istri karena urusan aneka kue hari raya,sampai ada beberapa suami yang menceraikan istri lantaran selalu menghamburkan harta suami,dan ada juga beberapa suami yang memukul istrinya hingga keharmonisan antara keduanya terasa hampa karena istri selalu mengikuti perbuatan bid'ah dan berlebih-lebihan tentangnya.


  2. Perayaan tahun baru.

Janganlah engkau mematuhi segala bentuk taqlid buta seperti merayakan bid'ah peringatan hari lahir atau hari natal. Perayaan tersebut adalah perbuatan bid'ah yang diadakan orang nasrani sebagai peringatan al-masih atau peringatan tahun baru masehi. Demi Allah,perayaan itu bukan perayaan orang Muslim dan muslimah.

Para ulama bersepakat bahwa menyubur hidupkan perbuatan bid'ah baik yang mengadakannya atau yang ikut menghadiri acaranya hukumnya Haram. Sehingga setan baik dari kalangan jin dan manusia selalu membisikkan kepada para wanita untuk mempersiapkan perlengkapan untuk merayakan hari itu,dan menyiapkan tempat untuk
melewati malam tahun baru. Sungguh kita hidup pada masa kebodohan dan kesesatan.
Anas bin malik berkata,Rasulullah pernah mengunjungi kota Madinah sedangkan pada waktu itu penduduknya mempunyai dua hari khusus sebagai ajang untuk bermain. Lantas Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya Allah telah mengganti kedua hari itu dengan dua hari yang lebih baik,yaitu hari raya iedul adha dan iedul fitri.


  3. Perayaan-perayaan yang lain.

Diantara perbuatan bid'ah yang aku ingatkan kepada kalian adalah peringatan yang tidak ada dasarnya dari ajaran agama,seperti :

> Syammum nasim : Hari misa yaitu hari yang diperingati kaum nasrani dan sebagian kaum muslim yang berbuat taqlid.Pada hari itu mereka mendermakan hartanya.
Mengusahakan dan membeli ikan asing,membuat telur yang berwarna-warni sebagai bentuk peralihan infaq mereka untuk tolong-menolong dan kebaikan.

> Hari ibu : Tidak ada ajaran untuk memperingati hari ibu,apakah pantas kita menghormati ibu hanya satu hari dalam setahun? Sesungguhnya setiap hari kita harus menghormati ibu baik masih hidup dengan mendoakannya jika ia telah meninggal dunia. Sepanjang hari itu adalah hari perayaan karena berbakti kepada
orangtua dan berbuat baik terhadap mereka adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ajaran agama. Apakah pantas seorang pemuda dan pemudi berbuat buruk sepanjang tahun kepada ibunya,kemudian datang pada hari ibu dengan hanya memberikan hadiah,ungkapan yang indah dan mencium kepala atau tangannya sudah disebut berbakti? Mereka menyangka berbuat baik dan menghormati ibu terwujud hanya sekedar dengan perbuatan itu dan mereka menyangka bahwa perbuatan itu baik dan mulia.

> Hari bapak : Ini adalah perbuatan bid'ah yang di ada-adakan. Cukuplah anda mentaati suami anda,kemudian menunaikan kewajiban atasnya lalu membelanjakan hartanya dengan baik,dan ketahuilah bahwa keridhaannya adalah keridhaan Allah dan kemarahannya adalah kemarahan Allah. Bantulah ia dalam menyelesaikan problematika hidup,tunaikan shalat bersamanya dan perbaikilah pendidikan anak-
anak anda. Jangan biarkan setan mendangkalkan akal pikiran anda dengan berbuat maksiat sepanjang tahun dan melewatinya dengan berbagai perbuatan bid'ah dan dosa. Kemudian anda menemui suami dengan berkata kepadanya,'Sungguh aku hidangkan dihadapan kakanda sebagai bentuk hadiah,dan aku minta kepada kanda untuk mengadakan pesta memperingati hari pernikahan kita yang hari ini harus rayakan.
Bertaqwalah kepada Alllah wahai saudariku,fahamilah ajaran agamamu,hormatilah kedudukan suamimu dan kerjakanlah sesuatu yang diridhai Rabb mu dan lawanlah tipu daya setan yang terkutuk.

   4. Perayaan ulang tahun anak.

Sesungguhnya mengadakan perayaan-perayaan itu hanyalah membebani suami dan termasuk bentuk menyubur kembangkan bid'ah dan termasuk tipu daya setan bagi manusia.

Istri yang menuntut suami untuk mengadakan perayaan ulang tahun anak laki yang tertua akan terbiasa untuk menuntut mengadakan perayaan yang serupa bagi anak laki yang setelahnya sampai yang terkecil dalam hitungan bulan. Kemudian setelah mengadakannya ia akan mengatakan kepada suami 'kenapa kita tidak mengadakan
perayaan ulang tahun bagi anak perempuan kita wahai suamiku yang tercinta?
Kemudian setelah itu ia mengatakan lagi kepada suaminya,'setelah itu bekerja dengan keras untuk memperingati hari ulang tahunku bulan depan dan hari ulang tahunmu tiga minggu lagi'. Dan seterusnya ia berbuat demikian. Sehingga pada akhirnya tanpa disadari keluarga terbebani hutang yang melilit,kemudian setelahnya keluarga dalam situasi sedih dan gundah gulana,serta tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan pokok keluarga,tidak mampu membiayi sekolah anak-anak,keperluan pakaian,buku tulis dan buku pelajaran.

Akhirnya keluarga itu mengalami problem yang amat besar yang secara garis besar engkaulah selaku ibu rumahtangga sebagai penyebabnya. Berlindunglah kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk,berfikirlah dengan akal yang jernih dan bijaksana,dan ketahuilah bahwa agama kita adalah agama yang seimbang,tidak kaku dan tidak longgar. Keluarga yang kokoh adalah keluarga yang kuat Aqidahnya,baik akhlaknya,gemar dan cinta belajar ajaran Islam dan kuat perekonomiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar