Kamis, 10 Januari 2013

KEHINAAN DUNIA

Tetapi Rasulullah SAW telah memperingatkan umatnya dari bahaya-bahaya dunia dan telah memberikan pelita-pelita hidayah kepada umatnya. Pada suatu kesempatan beliau bersabda, "dunia merupakan penjara bagi orang-orang beriman dan surga bagi orang-orang kafir. Cinta dunia adalah sumber dari semua dosa."
Pelita hidayah manusia seperti Imam Ali Zainal Abidin as yang menerangi jalan manusia berkata, "ketahuilah, dunia akan meninggalkan kalian dan pergi. Sedang akhirat menjelang dan datang menghampiri kalian. Masing-masing alam memiliki pecinta. Jadi berupayalah menjadi pecinta akhirat, bukan pecinta dunia. Jangan pautkan hati kalian dengan dunia sadarlah. Barangsiapa meninggalkan cinta dunia dan menjadi orang zuhud, maka bumi menjadi permadani baginya dan tempat tidurnya adalah tanah (liang lahat). Dan dia bakal terputus dengan dunia. Siapa saja yang meninggalkan cinta dunia, seluruh musibah dunia terasa ringan dan mudah baginya." (Kitab sahifah As-Sajjadiyah)


TIGA BAGIAN DUNIA.


Allah membagi dunia menjadi tiga bagian. Bagian pertama untuk orang-orang mukmin. Bagian kedua untuk orang-orang munafik. Dan sebagian ketiga untuk orang-orang kafir. Seorang mukmin mengambilnya untuk bekal menuju akhirat. Orang-orang munafik menjadikannya untuk foya-foya dan perhiasan. Sedang orang kafir untuk mendapatkan kenikmatan. Kita harus yakin bahwa sesungguhnya dunia merupakan sebuah jembatan untuk menyeberang ke akhirat. Sedangkan dunia bagi sebagian orang merupakan sebuah langkah yang waktunya singkat. Barangsiapa yang memanfaatkan dunia dengan mengumpulkan bekal baik, jangan memenuhi karung bekal kita dengan dosa-dosa dalam perjalanan menuju akhirat. Oleh karenanya, kita akan kekal untuk selamanya dan melebur dalam kenikmatan dan kebahagiaan.
Di tempat lain Imam Ali bin Abi Thalib as menghina dunia dengan mengatakan, "dunia adalah jembatan menuju akhirat. Maka berusahalah dalam membenahi jembatan ini. Dunia ini menipu, merugikan, dan akan berlalu. Tidak ada kekekalan padanya. Dunia adalah tempat penyiksaan dan cobaan. Dunia adalah harta rampasan bagi orang-orang yang kurang akalnya. Dunia adalah ladang keburukan. Dunia bagaikan bayangan yang akan hilang. Dunia adalah fana', cepat berlalunya, dan tidak abadi." (kitab Azrul hikam wa Darul Kalam)

Sumber dari buku Semalam Bersama Setan.
Oleh Alieh Hamedani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar