Kamis, 10 Januari 2013

ORANG SOMBONG DAN ORANG FAKIR

Sekelompok orang sombong lainnya adalah orang-orang yang tengah berusaha menyedekahkan hartanya kepada fakir miskin. Tetapi mereka memberikan hartanya di tempat-tempat keramaian guna mendapatkan pujian. Mereka juga senang memberikan harta mereka kepada para ulama yang akan menyebabkan mereka dikenal sebagai seorang yang dermawan. Seluruh poin-poin yang telah disebutkan diatas, semuanya bersumber dari tangan iblis, yang bermaksud untuk menghilangkan semua niat ikhlas dihati manusia dan menanam benih-benih kesombongan sehingga setan dapat dengan mudah menghilangkan iman, menyeru pada jalan yang sesat, dan menyia-nyiakan umur manusia. Allah dalam al-Qur'an berfirman, "Wahai sekalian manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar. Oelh sebab itu, janganlah berlaku sombong dan kehidupan duniamu dan janganlah kalian tertipu oleh tipu daya setan, janganlah kalian sombong dihadapan Allah."


LINGKARAN YANG DILARANG MASUK.


Apakah hatimu telah engkau bersihkan dari selain Allah dan mendirikan sebuah benteng perlindungan yang mengelilingi hati kita yang melarang setan untuk memasukinya sehingga kita tidak menjadi sombong dan hati kita ini kita siapkan hanya untuk Allah. Jika ada selain Allah yang tertinggal dalam hati kita, maka hati kita tidak dapat dijadikan sebagai rumah Allah. Dalam al-Qur'an Allah SWT berfirman, "Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya." (QS.Al-Ahzab:4).
Pada ayat lain Allah berfirman, katakanlah: "Allah lah yang menurunkannya," kemudian (sesudah kamu menyampaikan al-Qur'an kepada mereka), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya." (QS.Al-An'am:91)
Allah SWT telah memperjelas kewajiban manusia dan menjelaskan jalan yang lurus. Tetapi tipu daya iblis yang menyesatkan kita dari menyaksikan jalan yang benar, dan sesungguhnya kita diajak untuk menuju kearahnya.


Sumber dari buku Semalam Bersama Setan.
Oleh Alieh Hamedani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar