Kamis, 10 Januari 2013

KESOMBONGAN HANYA MILIK ALLAH

Adapun bencana yang dilakukan oleh manusia karen kelalaiannya adalah sombong terhadap hamba-hamba Allah. Siapa saja yang melakukan perbuatan ini berarti telah menentang Allah. Sebab, kesombongan merupakan salah satu sifat Allah dan sifat khusus bagi Zat-Nya. Jadi, kesombongan bagi Allah merupakan hak atau kebenaran dan tidak diperkenankan bagi manusia.


SETAN DAN MANUSIA YANG SOMBONG.


Ketika kesombongan telah menjangkit dihati manusia dan mereka menganggap dirinya lebih baik dari orang lain, perbuatan buruk ini dapat disaksikan dalam perbuatan dan perkataannya.
Iblis berkata, "aku dapat merasuki hati orang yang sombong, sehingga mengharapkan orang lain memuliakan dan memujinya. Pada setiap acara dia merasa harus duduk di tempat yang tinggi dan menganggap dirinya lebih unggul dari orang lain. Pohon kesombongan telah mengakar kuat dalam dirinya, cabang dan dedaunnya sudah tumbuh tinggi menjulang dan menguasai seluruh anggota tubuhnya. Jika dalam hati seseorang terdapat kesombongan, namun dalam perbuatannya tidak terlihat dan tidak pernah terucap dari lisannya, maka dia dalam urutan kedua dalam tingkatan kesombongan.
Masih ada kesempatan baginya untuk selamat. Kelompok lain yang tingkatan kesombongannya lebih rendah, yaitu mereka yang memiliki kesombongan dalam hatinya namun dalam namun dalam amal dan perkataannya tidak terlihat. Orang seperti ini sama halnya dengan cabang dan daun yang terpotong dari pohon kesombongan, tetapi akarnya masih ada dalam hatinya. Dan aku setiap hari akan menyesatkan dan menyimpangkannya sehingga aku dapat memberi mereka ranting dan daun kesombongan."


Sumber dari buku Semalam Bersama Setan.
Oleh Alieh Hamedani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar