Kamis, 12 Januari 2012

AMAL-AMAL YANG MEMANTAPKKAN KEDUA KAKI DIATAS SHIRATH

Nabi telah menganjurkan umatnya untuk mengerjakan amal-amal perbuatan, yang dengan amal-amal itu, Allah akan memantapkan kedua kaki pelakunya diatas shirath. Diantaranya :

1. Senantiasa berada di mesjid.

Sebagaimana telah disebutkan dari Abu Ad-Darda,'saya telah mendengar Rasulullah bersabda,"mesjid itu adalah rumah bagi setiap orang yang bertakwa. Dan Allah akan memberikan kesenangan, rahmat, dan keselamatan melintas diatas shirath menuju keridhaan Allah kedalam surga bagi siapa saja yang menjadikan masjid-masjid sebagai rumahnya".

2. Bersedekah dengan baik.

Maksudnya, agar sedekah itu berasal dari harta yang halal juga tepat sasarannya. Abu Nu'aim dan Al-Ashbahani telah meriwayatkan secara marfu,' barangsiapa bersedekah dengan baik, ia akan melintas diatas shirath dengan lapang".

3. Menerima pembatalan pembelian seorang muslim dan memaafkan kesalahannya.

Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang menerima pembatalan pembelian saudaranya, maka Allah akan mengampuni kesalahannya pada hari kiamat".

4. Mempermudah kesulitan orang lain.

Aisyah Ummul Mukminin mengatakan bahwa Rasulullah bersabda,"barangsiapa menjadi penghubung bagi saudaranya yang muslim kepada penguasa dalam menyampaikan satu kebaikan atau mempermudah satu kesulitan, maka Allah akan membantunya dalam melintasi shirath pada hari kiamat pada saat tergelincirnya kaki-kaki".

5. Membantu kebutuhan orang lain dan tanggap terhadap keperluan mereka.

Dari Anas, bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata,"wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling dicintai Allah"? Beliau bersabda,' manusia yang paling dicintai Allah adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya, dan amal yang paling dicintai Allah adalah membahagiakan seorang muslim; mengatasi kesulitannya, membayar hutangnya atau mengobati rasa laparnya, dan berjalan bersama saudaraku untuk satu keperluan lebih aku cintai daripada aku beri'tikaf di masjid ini selama satu  bulan.

Dan barangsiapa yang menahan amarahnya dan ia mampu untuk melampiaskannya jika ia mau, maka Allah akan memenuhi hatinya pada hari kiamat dengan keridhaan, dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk satu keperluan hingga ia dapat memenuhinya, maka Allah akan memantapkan kedua kakinya pada hari dimana kaki-kaki akan tergelincir".

6. Melindungi seorang mukmin dari gunjingan orang munafik.

Dari Sahal bin Mu'adz bin Anas Al-juhani, dari bapaknya, bahwa Nabi bersabda,"barangsiapa yang melindungi seorang mukmin dari gunjingan orang yang tampaknya munafik, niscaya Allah akan mengutus kepadanya seorang malaikat yang akan melindungi dagingnya dari api neraka jahannam pada hari kiamat. Barangsiapa menuduh seroang muslim dengan tujuan ingin mencemarkannya, maka Allah akan menahannya diatas shirath jahannam hingga ia dibersihkan dari dosa yang telah ia katakan". HR.Abu Dawud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar