Selasa, 17 Januari 2012

MASUKLAH KE TAMAN PENGETAHUAN

Salah satu jalan untuk menggapai kebahagiaanmu adalah dengan mempelajari dan memahami agama. Pasalnya, mempelajari agama bisa membuat dadamu terasa lapang dan Allah meridhaimu. Ini ditegaskan Rasulullah dalam sabdanya,

"Jika Alllah menghendaki seorang hamba menjadi baik, maka Allah akan menjadikannya mengerti tentang agama".

Bacalah buku-buku yang bermanfaat dan bisa menambah ilmu, wawasan, dan pemahamanmu tentang agama. Misalnya, kitab Riyadh as-shalihin, Fiqh as-Sunnah, Fiqh ad-Dalil, kitab-kitab tafsir yang mudah dicerna dan berbagai artikel keagamaan yang bermutu.

Ketahuilah, sebaik-baik amalmu adalah mengetahui apa yang dikehendaki Allah dalam kitab-Nya dan mengetahui apa yang dimaksudkan oleh Rasulullah dalam sabda-sabdanya.

Perbanyaklah mengkaji kandungan Al-Qur'an, mempelajarinya bersama saudara-saudaramu, menghafalkan ayat-ayatnya yang mudah dihafal, mendengarkan bacaan ayat-ayatnya dan berbuatlah engkau sesuai dengan pesan-pesannya. Dan ingat, ketidaktahuan akan syariah bisa menyebabkan kerisauan hati dan kegalauan jiwa.

Seyogyanya engkau memiliki perpustakaan pribadi, sekecil apapun wujudnya. Yang penting adalah buku-bukunya bermanfaat. Awas, jangan sampai waktumu terbuang sia-sia hanya untuk mendengarkan musik atau menonton sinetron-sinetron saja. Setiap detik dari usiamu akan dicatat, maka investasikan usiamu sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keridhaan Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar