Rabu, 11 Januari 2012

KETIKA LAUTAN MENYALA

Allah berfirman,"Demi bukit, dan kitab yang ditulis pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Ma'mur dan atap yang ditinggikan (langit). Dan laut yang didalam tanahnya ada api".QS.At-Thur:1-6.

Ibnu Abbas berkata,"Allah akan mengirimkan angin barat pada lautan hingga menyala dan menjadikannya api yang menyala-nyala". 
Sedangkan didalam Sunan Abu Dawud disebutkan sebuah riwayat,"Janganlah melakukan perjalanan laut kecuali orang yang hendak berhaji, umrah, atau berperang. Karena sesungguhnya dibawah laut ada api dan dibawah api ada laut".

Hasan berkata,"dikeringkan". Ad-Dahhak dan Qatadah berkata,"airnya surut hingga habis dan tidak menyisakan satu tetes pun". Ad-Dahhak berkata,"dipancarkan". As-Sudyi berkata,"Dibuka dan dinyalakan". Inilah apa yang dikatakan oleh para ahli tafsir terdahulu, semoga Allah merahmati mereka dan menambah keutamaan mereka dalam menafsirkan ayat tersebut. Penafsiran mereka umumnya berdasarkan pada arti bahasa, karena mereka pada saat itu tidak mmemiliki berbagai peralatan keilmuan ataupun teknologi modern yang telah membantu kita dalam menjelaskan ayat yang mulia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar