Jumat, 06 Januari 2012

RAHASIA DIBALIK WAKTU TERJADINYA KIAMAT

Allah menyayangi dan mengasihi hamba-Nya, sehingga Dia menyembunyikan dan merahasiakan waktu terjadinya kiamat kepada para hamba-Nya, bahkan kepada para Nabi dan malaikat terdekat sekalipun.

Jibril merupakan malaikat yang paling dekat dengan Allah. Ia adalah malaikat yang diutus kepada seluruh nabi dan Rasulullah. Ia dikhususkan dengan risalah, hidayah dan ilmu. Ia merupakan malaikat yang amanah, kuat dan taat. Sebagaimana firman Allah,"Sesungguhnya Al-Qur'an itu benar-benar firman Allah yang dibawa oleh utusan yang mulia Jibril yang mempunyai kekuatan, mempunyai kedudukan tinggi disisi Allah yang mempunyai 'arsyi' yang disana (dialam malaikat) ditaati dan dipercaya".QS.At-takwir:19-21. Namun demikian, Allah tetap merahasiakan waktu terjadinya kiamat darinya.

Dalil yang lain bagi kita adalah hadist panjang Rasulullah yang menyebutkan kedatangan jibril kepada beliau dalam bentuk seorang laki-laki. Ia masuk kemesjid dan bertanya kepada beliau tentang kiamat. Rasulullah menjawab,"tidaklah orang yang ditanyai tentang hal itu lebih tau dari yang bertanya". HR.Ibnu Majah.

Permasalahannya bukan berkaitan dengan malaikat atau nabi terdekat. Jibril merupakan malaikat paling dekat dan tinggi kedudukannya disisi Allah begitu juga Rasulullah. Ia merupakan manusia paling tinggi derajatnya disisi Allah. Meskipun demikian, waktu terjadinya hari kiamat tetap dirahasiakan dari mereka berdua.

Hal itu tidak lain dikarenakan hikmah Allah telah memutuskan agar tidak ada seorangpun dari makhluk-Nya yang mengetahui waktu kejadiannya. sehingga, ia menjadi satu ilmu yang hanya diketahui oleh Allah dan Dialah yang paling mengetahui arti dari hakikat tersebut.

Dari sudut pandangan kita selaku manusia, seandainya Allah memberitahukan waktu terjadinya kiamat pada jibril dan merahasiakannya dari Rasulullah, hal itu tetap tidak akan diketahui oleh Rasulullah. Toh pada kenyataannya, terjadinya hari kiamat juga disembunyikan dari jibril.

Jadi, ada hikmah yang luhur disana. Jibril, malaikat, manusia dan jin semuanya adalah hamba Allah dan makhluk-Nya. Hikmmah Allah pada ciptaan-Nya berjalan dan berlaku sama bagi semua makhluk-Nya. Apa yang akan menimpa manusia pada saat kiamat terjadi, juga akan menimpa makhluk Allah yang lain. Semua makhluk Allah akan mati dan Allah tidak mengecualikan seorangpun dari mereka. Allah berfirman,"Semua yang ada dibumi itu akan binasa. Dan tetap kekal zat Rabb mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan".QS.Ar-Rahman:26-27.

Yang kekal abadi hanyalah Allah saja dan tidak ada satupun yang kekal selain-Nya. Jika jibril serta malaikat yang terdekat kepada Allah mengetahui waktu terjadinya kiamat, berarti mereka mengetahui waktu kematian mereka, sedangkan kematian adalah salah satu rahasia Allah yang tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar