Selasa, 10 Januari 2012

KIAMAT AKAN DATANG TIBA-TIBA, MESKIPUN MEMILIKI BERBAGAI TANDA & PETUNJUK

Kiamat akan terjadi secara tiba-tiba, meskipun ia memiliki berbagai tanda dan alamat baik kecil, sedang ataupun besar. Tanda-tanda ini telah datang sepanjang sejarah Islam sejak diutusnya Rasulullah, dan senantiasa masih akan datang pada zaman kita ini dan zaman-zaman setelahnya. Sedangkan tanda-tanda besar tejadinya kiamat akan datang beberapa saat sebelum kejadiannya.

Kiamat memiliki banyak sekali tanda, lalu bagaimana ia akan datang secara tiba-tiba?

Pertama : Meskipun kiamat datang secara tiba-tiba, bukan berarti ia tidak memiliki tanda-tanda. Tanda-tanda yang telah kita sebutkan pada bagian pertama dan kedua dari ensiklopedi ini adalah berfungsi untuk mendekatkan hal tersebut pada benak manusia, sehingga mereka tahu bahwa kiamat dan akhir dunia itu telah dekat. Dengan demikian, jangan sampai tertanam dalam benak mereka bahwa waktunya masih puluhan ribu tahun lagi.

Dan cukuplah untuk mendekatkan kiamat pada benak manusia, bahwa Rasulullah sebagai penutup para nabi dan Rasul, telah diutus pada zaman yang sama sebagaimana beliau isyaratkan dengan kedua jarinya yaitu jari telunjuk dan jari tengah karena kedekatan kedua waktu tersebut didalam sebuah hadist yang mulia.

Meskipun kita telah mengetahui dan menyaksikan sebagian dari tanda-tandanya hingga hari ini, namun ia tetap melekat dalam benak kita bahwa hal itu akan datang secara tiba-tiba, meskipun kita tidak mengetahui pada abad, tahun, bulan, hari atau detik apa hal itu akan terjadi. Karena terjadinya peristiwa kiamat memiliki waktu tersendiri dan ditiupnya sangkakala menunggu instruksi dari Allah.

Kedua : Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi melainkan atas seburuk-buruk manusia setelah Allah mengutus angin yang lembut dan dingin dari arah Syam yang akan mencabut jiwa setiap orang yang beriman, meskipuun keimanan didalam hatinya hanya sebesar biji atom. Hingga jika ada salah seorang dari mereka masuk kedalam perut gunung, maka angin itu pun akan ikut masuk dibelakangnya dan mencabut nyawanya.

An-Nawas bin Sam'an berkata,Rasulullah telah bersabda,"Maka tatkala mereka berada dalam keadaan demikian, tiba-tiba Allah mengutus angin yang lembut. Angin tersebut mengambil mereka dari bawah ketiak-ketiak mereka, lalu mencabut jiwa setiap orang mukmin dan muslim, dan tinggallah seburuk-buruk manusia yang berhubungan intim layaknya keledai, maka atas merekalah kiamat itu terjadi". HR.Muslim.

Akan tetapi, apa arti sabda Rasulullah dalam hadist yang diriwayatkan muslim,"Dan tinggallah seburuk-buruk manusia yang bersetubuh layaknya keledai, maka atas merekalah kiamat itu terjadi". Yang dimaksud dengan bersetubuhnya keledai adalah para laki-laki akan menyetubuhi para wanita dihadapan manusia lainnya sebagaimana yang dilakukan keledai dan mereka tidak peduli akan hal itu.

Maradis Al-Aslami berkata, Rasulullah telah bersabda,"Orang-orang shalih akan pergi terlebih dahulu, lalu tinggallah orang-orang yang rendah seperti dedak gandum atau kurma, dan Allah tidak memperdulikan mereka sedikitpun".HR.Al-Bukhari.

Merekalah orang-orang yang , masih hidup ketika kiamat terjadi secara tiba-tiba hingga membuat mereka tercengang karena mereka tidak mengetahui sedikitpun tentang hal itu dan tidak mendengarnya. Dan seandainya ada diantara mereka yang mendengarnya, ia pun tidak akan mempedulikan ataupun mempercayainya.

Mereka adalah orang-orang yang rendah, banyak melakukan kemaksiatan dan kekafiran. Ketika kiamat datang, mereka terkejut karena berada dalam kesesatan.

Demikianlah dan kita katakan,"Orang-oran yang hidup pada zaman Isa bin Maryam yang telah menyaksikan berbagai tnada kekuasaan Allah seperti Al-Mahdi dan turunnya Isa, munculnya Dajjal, dan setelah itu keluarnya Ya'juj Ma'juj.

Tidakkah anda lihat bahwa orang-orang yang telah menyaksikan tanda-tanda Allah ini mengetahui bahwa kiamat itu telah dekat, sejarak dua ujung busur panah atau lebih dekat lagi. Atau, bahwasannya kiamat itu telah berada di ambang pintu sehingga tidak perlu lagi memegang handle untuk membuka pintunya. Meskipun demikian, waktu kejadiannya yang pasti tidak mereka ketahui, karena ini akan tetap menjadi rahasia bagi seluruh manusia. Bagi orang yang menyaksikan tanda-tnada besarnya sekalipun.

Orang-orang yang masih hidup ketika kiamat terjadi sebagaimana telah saya sebutkan, mereka akan terkejut dengan kedatangannya yang begitu tiba-tiba karena mereka tidak mengetahui tanda-tandanya sedikitpun. Mereka juga tidak pernah mendengar tentang kiamat dan tidak memiliki pengetahuan tentang hal itu. Bagaimana mereka mengetahuinya, sedangkan mereka sebagaimana yang telah digambarkan Rasulullah adalah orang-orang yang rendah seperti dedak gandum. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar