Kamis, 26 Januari 2012

MENGAJARKAN TAHLIL KEPADA ORANG YANG AKAN MATI

UCAPAN "LAA ILAAHA ILLALLAH"

Muslim meriwayatkan sebuah hadist, katanya Rasulullah telah bersabda, yang artinya,"Ajarilah orang-orang yang akan mati diantara kamu dengan ucapan "Lailaaha illallah".

Diantara kata-kata mutiara yang disampaikan oleh Umar bin Khattab adalah : Datanglah kamu kepada orang yang akan mati diantara kamu, ajarilah mereka kata"Laa ilaaha illallah", zikirkanlah mereka, sebab mereka sedang melihat apa-apa yang tidak kamu lihat.

Abu Naim meriwayatkan sebuah hadist dari Rasulullah sebagai berikut yang artinya,"Datanglah kamu kepada orang-orang yang akan mati diantara kamu, ajarilah mereka "Lailaaha illallah", berilah kabar gembira dengan surga karena orang yang berwatak lembut pun akan kebingungan pada saat yang mengerikan itu, sesungguhnya setanlah yang paling dekat kepada manusia pada saat yang mengerikan itu. Demi zat yang diriku ada ditangan-Nya, sesungguhnya merasakan kematian itu lebih sakit daripada seribu kali pukulan dengan pedang. Demi zat yang diriku ada ditangan-Nya, tidak keluar nyawa seorang hamba dari dunia hingga ia merasa sakit, setiap keringat darinya adalah upayanya".

Kata para ulama, mengenai orang yang akan mati itu merupakan sunnah ma'surah yang harus dijalankan oleh kaum muslimin. Perkara itu dimaksudkan agar akhir ucapan mereka adalah "Laa ilaaha illallah", ia akan berakhir dengan kebahagiaan dan supaya termasuk kedalam sabda Rasulullah yang maknanya,"Barangsiapa akhir ucapannya adalah "Laa ilaaha illallah" niscaya ia akan masuk surga".

Untuk diketahui oleh orang yang akan mati dan yang mengajarinya, bahwa setan dalam kondisi seperti ini datang untuk merusak aqidah mukmin sampai ia tergelincir. Maka hendaklah kaum mukminin berjaga-jaga darinya. Ia sering datang membawa hasutan. Kita berlindung kepada Allah dari kesudahan yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar