Jumat, 13 Januari 2012

KENGERIAN SAAT MELINTAS SHIRATH

Ketika manusia mendatangi neraka jahannam dan melintas diatas shirath yang dibentangkan antara dua punggungnya, ada kengerian dalam hati orang-orang yang mendatanginya serta ketakutan dari tergelincirnya kaki-kaki dan jatuh dalam neraka jahannam. Nabi telah memperingatkan akan pentingnya kedatangan itu. Beliau bersabda,"dibentangkan shirath diantara dua punggung jahannam dan aku bersama umatku adalah yang pertama kali melewatinya, dan tidak ada seorangpun yang berbicara pada hari itu selain para rasul, dan do'a para rasul pada hari itu adalah,'ya Allah, selamatkanlah! Selamatkanlah!"

Betapa dahsyat dan menakutkan perlintasan itu , hingga semua orang yang melintas pasti akan terdiam membisu, kecuali para Rasul. Mereka berkata,"ya Allah, selamatkanlah! Selamatkanlah". Mereka senantiasa berdoa kepada Allah bagi para pengikut mereka, agar Allah menyelamatkan dan melindungi mereka, sebagaimana tatkala mereka melintasi shirath dengan selamat serta aman dari berbagai hal yang menakutkan dan mengerikan.

Alangkah sayangnya para Rasul kepada para pengikutnya. Alangkah kuatnya rasa belas kasihan serta empatinya kepada orang-orang yang telah beriman dan berpegang teguh dengan syariat yang mereka bawa. Hingga, mereka turut gelisah atas perkara yang sedang dihadapi para pengikutnya, dari berbagai kengerian shirath yang menakutkan.

Yang paling besar rasa sayangnya dan paling kuat rasa kasihnya ialah Nabi Muhammad. Sebagaimana firman Allah,"Dan tiadalah kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam".QS.Al-Anbiya:107.

Allah juga berfirman,"Sangat menginginkan keimanan dan keselamatan bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin".QS.At-Taubah:128.

Semoga shalawat Allah dan salam-Nya terlimpah kepadanya, juga kepada seluruh saudara-saudaranya dari para Nabi dan Rasul.

Imam Muslim telah meriwayatkan bahwa Hudzaifah dan Abu Hurairah berkata,'Rasulullah bersabda,"Allah akan mengumpulkan manusia". Hingga pada sabda beliau,"lalu mereka menemui Muhammad dan beliaupun berdiri dan diperkenankan baginya memberi syafaat dan diutus bersamanya amanah serta rahmat. Kemudian, keduanya berdiri di kedua sisi shirath disebelah kanan dan sebelah kiri, maka melintaslah orang yang pertama kali diantara kalian laksana kilat".

Abu Hurairah berkata,"saya berkata,'demi ayahku, engkau dan ibuku, bagaimanakah melintas laksana kilat itu'? Beliau bersabda,'tidakkah kalian pernah memperhatikan kilat bagaimana ia berlalu dan kembali hanya dalam kedipan mata? Adapula yang melintas laksana hembusan angin, adapula yang laksana burung terbang, dan adapula yang berlari. Mereka melintas sesuai dengan kadar amalan mereka masing-masing. Sedangkan Nabi kalian berdiri diatas shirath sambil mengucapkan,'ya Rabb, selamatkanlah! Selamatkanlah!' Hingga amal perbuatan hamba menjadi lemah, hingga datang seseorang yang sudah tidak sanggup lagi berjalan kecuali dengan merangkak'.

Beliau melanjutkan,' diatas kedua sisi shirath itu ada besi-besi yang berpengait yang digantungkan dan siap menerima perintah untuk mengambil siapa saja yang diperintahkan dengannya. Maka, ada yang tercabik-cabik lalu selamat, dan ada yang ditimbun dalam neraka".HR.Muslim.

Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa. Allah berfirman,"Kemudian Kami menyelamatkan orang-orang yang bertakwa".QS.Maryam:72. Dan menjadikan mereka dalam keadaan aman dan tenteram.

Allah berfirman,"Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka, mereka tiada disentuh oleh azab neraka dan tidak pula mereka berduka cita".QS.Az-Zumar:24. Ya Allah jadikanlah kami dari golongan mereka.

Karena begitu dahsyatnya ketika melintas diatas shirath, Nabi pun telah memberitahukan bahwa orang-orang yang akan tergelincir ketika melintasinya sangatlah banyak. Al-Baihaqi telah meriwayatkan, dari Anas bahwa Nabi bersabda,"Sesungguhnya diatas neraka jahannam itu ada shirath yang lebih tipis dari rambut dan lebih tajam dari pedang. Bagian atasnya menghadap ke surga tempat yang sangat menggelincirkan, di kedua sisinya ada besi-besi yang berpengait serta duri-duri api, dengannya Allah akan merintangi siapa saja yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya, dan orang-orang yang tergelincir baik itu laki-laki ataupun perempuan pada hari itu banyak sekali".

Ya Allah, jadikanlah kami dari orang-orang yang melintasi shirathmu laksana kilat yang menyambar. Dan janganlah Engkau jadikan kami dari golongan orang-orang yang tergelincir, baik itu laki-laki ataupun perempuan, wahai Zat yang maha penyayang diantara para penyayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar