Kamis, 26 Januari 2012

SIKSA KUBUR DAN PERTANYAAN MALAIKAT MUNKAR NAKIR

Al-Barra' bin 'Azib berkata:"Kami bersama Rasulullah mengiringi jenazah salah seorang kaum Anshar, kemudian Rasulullah duduk diatas pekuburan sambil menundukkan kepalanya seraya berdoa:
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur(tiga kali)".

Kemudian beliau bersabda:"Sesungguhnya orang Mukmin, apabila ia sudah berada dipintu akhirat, Allah mengutus para malaikat yang wajahnya bagaikan matahari, untuk memberi minyak pada mereka dan membungkusnya, mereka duduk sebatas pandangannya.

Apabila nyawanya keluar, maka semua malaikat yang ada diantara langit dan bumi dan semua yang ada dilangit mendoakannya, pintu-pintu langit dibuka, semua pintu mendambakan untuk dijadikan sebagai jalan masuk bagi malaikat yang membawa nyawa orang mukmin itu.

Setelah malaikat yang membawa nyawa itu naik, ada yang berkata:"Kembalikan ia, lalu diperlihatkan kepadanya apa-apa yang telah Aku persiapkan untuknya, yaitu kemuliaan, karena sesungguhnya Aku telah berjanji kepadanya, bahwa dari tanah Kami menciptakan kamu, dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu, dan sesungguhnya ia benar-benar akan mendengar suara hentakan sandal-sandal mereka ketika mereka pulang sampai datangnya pertanyaan kepadanya:"Siapa Tuhanmu, apa agamamu, dan siapa Nabimu"?

Lalu ia menjawab:"Tuhanku adalah Allah, agamaku adalah Islam, dan Nabiku adalah Nabi Muhammad. Selanjutnya Rasulullah bersabda:"Kemudian kedua malaikat itu membentaknya dan itulah ujian yang terakhir diterima oleh si mayat".

Setelah mengatakan hal itu, datanglah seruan yang mengatakan bahwa ia benar, dan itulah makna dari firman Allah berikut ini:
"Allah meneguhkan iman orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan didunia dan di akhirat".QS.Ibrahim:27.

Kemudian ada yang datang kepadanya dengan wajah yang rupawan, berbau harum dan berpakaian indah, lalu berkata:"Bergembiralah anda dengan rahmat Tuhanmu dan surga yang didalamnya ada kesenangan yang kekal abadi". Lalu ia berkata:"Dan engkau juga, semoga diberikan kebaikan oleh Allah, siapakah engkau"? Ia menjawab:"Saya adalah amal sholehmu, demi Allah, kalau tidak tahu jika kamu telah bersegera untuk taat kepada Allah dan berlambat-lambat untuk berbuat maksiat kepada-Nya, semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik".

Nabi Muhammad melanjutkan sabdanya:"Kemudian datanglah seruan yang mengatakan:"hamparkanlah permadani surga untuknya dan bukalah pintu surga baginya. Maka dihamparkanlah permadani dari surga untuknya dan dibukakan pintu ke surga, lalu ia berkata:"Ya Allah, percepatkanlah datangnya hari kiamat, sehingga aku kembali kepada keluargaku dan hartaku".

Rasulullah melanjutkan sabdanya:"Adapun orang kafir, jika ia sudah berada dipintu akhirat dan terputus dari dunianya, diturunkan kepadanya para malaikat yang kasar, keras, mereka membawa pakaian dari neraka dan pakaian dari bungkus sampah, mereka mengelilinginya. Jika nyawanya keluar, maka para malaikat yang ada diantara langit dan bumi dan semua malaikat yang ada dilangit mengutuknya, pintu-pintu langit ditutup, semua pintu tidak mau dijadikan jalan masuk oleh malaikat yang membawa nyawa itu.

Jika malaikat telah menaikkan nyawa itu, ia melemparkannya dan dikatakan kepadanya:"Wahai Tuhanku, ini hamba-Mu, si anu tidak diterima oleh langit dan tidak pula diterima oleh bumi". Maka, Allah berfirman:"Kembalikan ia, lalu perlihatkan kepadanya apa-apa yang telah Aku persiapkan untuknya, yaitu keburukan, sesungguhnya Aku telah berjanji kepadanya,"Darinya tanah Kami menciptakan kamu dan kepadanay pulalah Kami akan mengembalikan kamu".

Sesungguhnya ia pasti akan mendengar hentakan kaki-kaki mereka apabila mereka telah pulang, hingga dikatakan kepadanya:"Siapakah tuhanmu, apakah agamamu dan siapakah Nabimu"? Ia akan menjawab:"Saya tidak tahu". Lalu dikatakan:"Kamu tidak tahu!" Kemudian ada yang datang dengan bermuka bodoh, berpakaian buruk dan berbau busuk, ia lalu berkata:"Bergembiralah kamu dengan kemurkaan dari Allah dan siksa yang pedih dan kekal". Ia menjawab:"semoga engkau juga mendapat keburukan dari Allah, siapakah engkau"? Ia menjawab:"saya adalah amal burukmu".HR.Abu Daud & Hakim.

Dari jalan lain yang maknanya sama adalah hadist yang diterima dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:"Sesungguhnya orang mukmin, ketika akan mati, ia didatangi oleh para malaikat yang membawa sepotong sutera, didalamnya ada kasturi dan berbagai wangi-wangian, mereka mengeluarkan nyawanya dengan perlahan-lahan seperti halnya mereka mencabut sebuah rambut dari tepung, dan dikatakan kepadanya,"wahai jiwa yang tenang, keluarlah dengan senang dan disenangi".HR.Ibnu Abid Dunya.


Ada sebuah hadist lain yang menyebutkan bahwa orang mukmin itu didalam kuburnya berada disebuah taman yang hijau, didalam kuburnya dilapangkan 70 hasta, dan diterangi sehingga seperti malam bulan purnama. Tahukah kamu tentang firman Allah,"Maka sesungguhnya baginyalah penghidupan yang sempit"? Para sahabat menjawab:"Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu". Beliau bersabda:"Itu adalah siksa bagi orang kafir didalam kuburnya, ia dikerumuni oleh 99 tinin. Tahukah kamu apakah tinin itu? Ia adalah 99 ular, setiap ekor ular mempunyai 70 kepala, ia dicakari oleh ular-ular itu, dijilati dan ditiupi sampai ia dibangkitkan". HR.Ibnu Hibban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar