Kamis, 26 Januari 2012

DOA YANG DIBACAKAN KETIKA MENUTUP MATA MAYAT

Didalam sebuah hadist dikatakan,"Jika kamu datang kepada orang yang telah mati diantara kamu, maka tutuplah kedua matanya, karena penglihatan itu mengikuti kepergian roh, dan katakanlah yang baik, karena para malaikat mengaminkan apa-apa yang dikatakan oleh keluarga mayat".

Hadist ini terdapat didalam kitab at-tazkirah, karangan Al-Qurthubi tanpa sanad.

Didalam hadist lain dikatakan bahwa Hafshah bin Sirin mengatakan telah menerima Ummul Hasan. Katanya: saya sedang berada ditempat Ummul Salamah kemudian datang seseorang dengan mengatakan bahwa ada orang yang meninggal dunia, lalu Ummu salamah berkata,"Berangkatlah engkau, apabila ia sedang berada dalam detik-detik maut, maka katakanlah:As Salamu'alal Mursalin lillahir Rabbil 'Alamin (keselamatan semoga diberikan kepada para Rasul, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam)".

Didalam hadist yang diriwayatkan oleh Sufyanats-Tsauri, bahwa,"Apabila anda menutup mata mayat, maka bacakanlah bismillahi wa'ala millati Rasulillah (dengan nama Allah dan berdasarkan agama Rasulullah), dan bertasbihlah! Kemudian sufyan membacakan ayat dan para malaikat bertasbih dengan memuji Tuhan mereka".

1 komentar: