Selasa, 17 Januari 2012

ENGKAU TIDAK PUNYA WAKTU UNTUK MENGGUNJING

Janganlah engkau terjebak dalam perdebatan tentang persoalan-persoalan yang tidak bermanfaat dan tak engkau ketahui ujung pangkalnya. Sebab, hal itu akan membuat dadamu terasa sempit dan akalmu menjadi keruh.

Janganlah engkau berupaya memaksakan satu pendapat kepada orang lain dalam masalah-masalah yang bisa dilihat dari berbagai segi. Lontarkanlah ide dan pandanganmu itu dengan sopan, santun, tenang, dan tidak terlalu menggebu-gebu.

Hindarilah sikap banyak membantah dan mengkritik. Pasalnya, kedua hal itu akan membuat ketenangan hatimu hilang dan membuat citramu tidak baik. Ucapkanlah kalimat-kalimatmu dengan sopan dan penuh cinta jika kamu ingin menarik hati dan jiwa orang lain.

Ada beberapa hal yang acapkali menimbulkan kesedihan dan kegundahan jiwa. Kebiasaan memandang rendah, menekan, mencela, dan meremehkan orang lain adalah termasuk diantaranya. Sikap-sikap itu juga dapat menghilangkan pahala, menambah dosa, dan menimbulkan perasaan tidak tenang dalam hati dan jiwamu. Karenanya, sibukkanlah dirimu dengan membenahi berbagai kekurangan dan kesalahanmu, bukan dengan mengurusi aib dan kesalahan orang lain. Sesungguhnya Allah tidak menciptakan kita sempurna dalam segala-galanya dan selalu terjaga dari dosa. Setiap kita pasti menananggung dosa dan memiliki kekurangan. Maka, berbahagialah mereka yang senantiasa sibuk memperbaiki diri sendiri dan tidak suka mempergunjingkan aib atau kesalahan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar