Selasa, 04 Desember 2012

PENCIPTAAN IBLIS

Aku bertanya, "katakan padaku, hai iblis. Dari manakah asalmu? Dengan alasan apakah kamu merasa lebih baik ketimbang Nabi Adam a.s?"

Iblis menjawab, "aku lebih mulia ketimbang manusia. Penciptaanku lebih mulia dan tinggi dari pada penciptaan manusia. Aku katakan kepada Tuhan dihadapan para malaikat, bahwa aku lebih mulia dari pada Nabi Adam a.s. Iblis berkata : aku  lebih baik darinya. Engkau ciptakan aku dari api dan Engkau menciptakannya dari tanah.' Api lebih mulia ketimbang tanah. Oleh karena itu, bahan dasar penciptaanku lebih baik dari pada bahan dasar penciptaan Nabi Adam a.s."

Aku berkata, "hai iblis, lantaran kesombongan dan penentangan inilah, kamu membandingkan penciptaan dirimu dengan penciptaan Nabi Adam a.s. Lantas kamu terusir dari rahmat Ilahi."


TIGA MAKHLUK BERAKAL DAN BERPERASAAN.


Aku berkata (kepada iblis), "kuteringat, dahulu aku pernah membaca sebuah buku yang menceritakan bahwa Allah menciptakan tiga golongan makhluk berakal dan berperasaan. Salah satunya adalah para malaikat. Mereka diciptakan Allah dari cahaya dan tidak mempunyai hasrat seksual, tidak memerlukan tidur, tidak makan, dan hidup di langit. Mereka selalu taat dan tunduk kepada perintah-Nya, dan tidak pernah luput dalam beribadah kepada Allah SWT.

Makhluk kedua yang Allah SWT ciptakan adalah manusia tercipta dari campuran air dan tanah. 'Sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia dari tanah yang kering dan lumpur yang bau.' (QS.Al-Hijr:26)Kemudian Allah meniupkan ruh-Nya kepadanya, 'Dan Aku tiupkan kepadanya dari ruh-Ku, maka bersujudlah kalian semua kepadanya.' (QS.Al-Hijr:29)Allah SWT jadikan manusia sebagai pembimbing para malaikat. Allah menitahkan kepada para malaikat untuk bersujud di hadapan ciptaan-Nya tersebut. Namun kamu, hai iblis! Adalah makhluk yang sombong dan kamu enggan bersujud. 'aku yang menciptakanmu dan menciptakan wajah kalian. Ketika aku berkata kepada para malaikat, bersujudlah kalian kepada Adam, semuanya bersujud kecuali iblis, dan iblis tidak termasuk makhluk yang bersujud.' (QS.Al-A'raf:11)'Kecuali iblis yang tidak mau bergabung dengan para malaikat yang bersujud.' (QS.Al-Hijr:31) Makhluk ketiga yang Allah ciptakan adalah jin. Allah menciptakannya dari api tanpa asap. Sebagaimana manusia, jin juga memiliki akal dan perasaan. Allah berfirman dalam al-Qur'an, 'Dan kami ciptakan jin dari api tanpa asap."

Sampai disini iblis berteriak, "jangan kamu ceritakan sejarah penciptaan Adam yang menyebabkan kesombonganku."


Sumber dari buku Semalam bersama setan.
Oleh Alieh Hamedani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar